Batu Empedu

Batu Empedu dan Gejala yang Ditimbulkannya

Batu empedu dianggap sebagai salah satu masalah kesehatan yang memiliki dampak yang cukup serius. Secara umum, penyakit ini disebabkan oleh terbentuknya kristal pada kantung empedu. Ukuran batu atau kristal yang terbentuk pada kantung empedu dapat bervariasi, bisa berukuran kecil namun bisa juga berukuran cukup besar. Meskipun terbentuk di kantung empedu, kristal ini juga dapat berpindah dan bersarang di organ tubuh lainnya seperti hati dan saluran pankreas. Sama halnya seperti batu ginjal, kristal yang terbentuk di kantung empedu ini dapat menyebabkan infeksi pada kantung empedu karena rusaknya dinding pada kantung empedu. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui mengenai jenis gangguan kesehatan yang satu ini mulai dari penyebab, gejala, hingga jenis pengobatan apa yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit ini.

Batu Empedu

Batu Empedu Disebabkan oleh Kolesterol

Mengetahui penyebab terbentuknya kristal pada kantung empedu merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai penyakit yang satu ini. Secara umum, penyebab batu empedu cukup beragam mulai dari kolesterol hingga bilirubin. Bila tubuh Anda memiliki kandungan kolesterol atau bilirubin yang tinggi, kolesterol atau bilirubin tersebut dapat mengendap di kantung empedu dan memicu terjadinya pembentukan kristal. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh rendahnya kadar garam empedu. Gangguan metabolisme yang menyebabkan kantung empedu tidak bisa dikosongkan secara sempurna juga bisa mengakibatkan terbentuknya kristal pada kantung empedu. Adapun gejala munculnya kristal pada kantung empedu cukup bervariasi mulai dari rasa nyeri pada bagian perut, bawah rusuk, atau punggung, mual, perut kembung, gangguan pencernaan, hingga gejala mirip flu seperti demam, keringat dingin, serta menggigil.

Batu Empedu Dapat Diatasi dengan Operasi

Salah satu cara untuk menghilangkan kristal yang terbentuk pada kantung empedu adalah dengan melalui metode operasi. Selain operasi pengangkatan kantung empedu, penyakit ini juga dapat diatasi dengan terapi oral yang bertujuan untuk menghancurkan kristal empedu berukuran kecil. Salah satu cara untuk mencegah terbentuknya kristal pada kantung empedu adalah dengan menjalankan pola diet serta mengurangi asupan makanan yang mengandung kadar kolesterol atau bilirubin tinggi. Dengan menjalankan pola diet ketat, Anda bisa mencegah terbentuknya batu empedu.

Comments are closed.