Kanker Payudara

Kanker Payudara, Penyebab dan Gejalanya

Kanker Payudara dan Penyebabnya

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker paling berbahaya bagi wanita. Ada benjolan, penebalan dan perubahan warna kulit pada payudara merupakan beberapa ciri adanya kanker pada payudara. Beberapa gejala kecil seperti kemerahan, kulit mengelupas, gatal atau ruam yang berlangsung selama berminggu-minggu juga hendaknya tidak dianggap remeh. Sebagai organ yang sangat penting, kiranya payudara selalu diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa payudara tetap sehat dan bebas dari kanker. Pengecekan secara berkala juga bermanfaat untuk mengantisipasi adanya perubahan-perubahan pada payudara seperti adanya kerutan, kulit yang tertarik ke dalam dan bengkak karena bisa saja hal-hal tersebut merupakan gejala kanker.

Kanker Payudara

Setiap penyakit pasti ada penyebabnya begitu juga dengan kanker payudara. Sel-sel kanker bisa timbul karena beberapa faktor yang mungkin tidak disadari oleh penderitanya. Penyebab kanker ini sebenarnya bukanlah hal-hal yang mudah dicegah seperti halnya jenis kanker lainnya. disebutkan bahwa kanker ini timbul karena adanya perkembangan yang tidak normal pada sel-sel payudara. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang memungkinkan seseorang lebih beresiko terkena kanker tersebut diantaranya adalah faktor keturunan, usia, obesitas, datang bulan yang dimulai pada usia muda dan pengalaman terkena radiasi pada payudara. Jika Anda pernah menderita kanker tersebut sebelumnya, maka ada kemungkinan sel kanker akan tumbuh lagi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah adanya kanker tersebut diantaranya adalah diet. Bagi yang memiliki berat badan obesitas, sebaiknya lakukan diet dengan makan buah dan sayuran. Lakukan pengecekan pada payudara secara berkala sehingga jika ada indikasi tumbuhnya sel kanker bisa dilakukan sejak dini. Hal ini akan memberikan peluang lebih untuk sembuh karena pengobatan dilakukan saat sel kanker belum meluas. Pengecekan bisa dilakukan dengan melakukan check-ups di klinik atau Breast self-exam. Jadi meskipun ringan dan sebentar lakukanlah latihan fisik setiap hari, jika Anda memiliki seorang bayi, ada baiknya Anda melakukan ASI ekslusif karena menyusui dapat menurunkan resiko kanker tersebut. Melakukan olah raga secara teratur juga dapat mencegah timbulnya kanker payudara.

Comments are closed.