Kanker Prostat

Kanker Prostat, Gejala dan Penyebabnya

Kanker Prostat dan Gejalanya

Kanker prostat merupakan sebuah penyakit dimana tumor tumbuh di dalam prostat. Prostat sendiri merupakan kelenjar yang berbentuk seperti kacang kenari dan memiliki fungsi sebagai penghasil cairan main dan penghantar sperma. Biasanya penyakit ini diderita oleh pria yang berumur diatas 70 atau 90 tahun. Kanker ini cukup berbahaya dan mematikan dan telah menjadi kanker nomor tiga di dunia penyebab kematian pria. Ada beberapa gejala dan penyebab timbulnya kanker tersebut, namun karena penyebaran kanker ini sangat lambat, mendeteksi adanya gejala dan penyebabnya terbilang cukup sulit.

Kanker Prostat

Mendeteksi timbulnya kanker prostat pada pria mungkin memerlukan sedikit ketelitian mengingat sel kanker ini bergerak sangat lambat. Bahkan pada beberapa kasus, kanker ini baru dapat terdeteksi setelah menyebar ke tulang panggung, iga, tulang belakang atau ginjal. Jadi, pada stadium awal kanker ini hampir tidak memiliki tanda atau gejala yang bisa didiagnosis. Namun setelah kanker berkembang ada beberapa gejala yang muncul diantaranya adalah adanya masalah saat buang air kecil dan berkurangnya jumlah air urin. Pada beberapa kasus, urin dan mani bahkan mengandung darah. Timbulnya bengkak pada kaki dan rasa nyeri pada pinggul dan tulang juga merupakan beberapa gejala adanya kanker tersebut. Itulah beberapa gejala kanker pada kelenjar prostat yang harus segera dikenali sejak dini agar dapat dilakukan pengobatan secara cepat.

Penyebab kanker ini sampai saat ini masih belum cukup jelas karena tidak ada penyebab-penyebab pasti. Kanker ini tumbuh ketika sel-sel pada prostat tumbuh tidak normal sehingga sel tersebut menyebabkan sel yang normal mati. Akibatnya, tumor dapat terbentuk pada kelenjar prostat. Meskipun penyebabnya belum pasti, ada beberapa faktor yang membuat pria lebih beresiko terkena kanker ini, yang pertama adalah faktor usia. Semakin tua usia, semakin beresiko pula. Biasanya usia yang rawan adalah diatas 65 tahun. Selain itu, sejarah adanya kanker tersebut dalam keluarga juga berpengaruh terhadap risiko. Berat badan yang berlebih menyebabkan pria lebih beresiko terjangkit penyakit kanker prostat.

Comments are closed.