Pembengkakan Prostat

Pembengkakan Prostat, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pembengkakan Prostat dan Penyebabnya

Pembengkakan prostat merupakan salah satu penyakit berbahaya yang terjadi pada pria. Prostat sendiri merupakan kelenjar seukuran kacang kenari yang ada diantara penis dan kandung kemih. Bengkak yang terjadi pada prostat sering disebut juga dengan radang prostat dan hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Sebenarnya penyebab pastinya sangat sulit untuk diidentifikasi, namun beberapa penyebab yang umum ditemukan adalah adanya infeksi jamur, virus dan bakteri pada prostat. Adanya jamur, virus maupun bakteri dapat disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan pada alat kelamin. Oleh karena itu, menjaga pola gaya hidup yang sehat sangatlah penting.

Pembengkakan Prostat

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi tanda bahwa seorang pria menderita pembengkakan prostat, yang pertama adalah susah buang air kecil. Hal ini merupakan gejala awal radang pada prostat. Hal ini dikarenakan tabung uretra mengalami masalah saat akan membawa urin yang ada pada kandung kemih. Jadi, jika ada gejala susah buang air kecil, maka sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter. Sebaliknya, gejala radang prostat juga dapat diindikasikan dengan seringnya buang air kecil. Hal ini karena ada gejala dimana jumlah air seni meningkat sehingga frekuensinya pun bertambah. Biasanya hal ini terjadi pada malah hari atau biasa disebut dengan nokturia. Selain itu, darah yang bercampur pada urin dan adanya beberapa nyeri tubuh juga merupakan gejala penyakit tersebut.

Radang pada prostat dapat disembuhkan dengan berbagai cara selain dengan bantuan medis, salah satunya adalah dengan perilaku si penderita. Penderita prostat harus mengendalikan kandung kemih dengan cara tidak buang air kecil terlalu sering. Hal ini dapat dilakukan secara bertahap agar penderita terbiasa. Untuk membuat teknik ini lebih mudah, maka sebaiknya penderita mengurangi air minum. Selain itu, lakukanlah beberapa gerakan olahraga yang bisa menstimulasi tulang pinggul sehingga otot kandung kemih akan semakin kuat. Jika beberapa cara tersebut tidak berhasil, maka pengobatan dan operasi adalah cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan pembengkakan prostat.

Comments are closed.