Penyembuhan Luka Kulit

Penyembuhan Luka Kulit dan Cara Mempercepatnya

Penyembuhan Luka Kulit dan Fase Penyembuhannya

Penyembuhan luka kulit biasanya dapat terjadi secara alami, akan tetapi tergantung pada penyebab luka pada kulit, maka kulit membutuhkan beberapa perawatan yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Yang dimaksud luka pada kulit adalah keadaan dimana jaringan pada kulit rusak atau hilang sebagian. Luka dapat disebabkan oleh berbagai macam hal diantaranya adalah zat kimia, gigitan hewan, benda tajam dan masih banyak lainnya. Proses penyembuhan pada kulit bisa cepat bisa juga lambat tergantung pada jenis lukanya.

Penyembuhan Luka Kulit

Umumnya ada dua macam fase penyembuhan luka kulit, yaitu penyembuhan epidermis dan penyembuhan mendalam. Penyembuhan epidermis adalah penyembuhan luka yang hanya merusak jaringan epidermis kulit saja, biasanya luka-luka tersebut tergolong luka yang ringan. Penyembuhannya bisa terjadi secara alami karena sel-sel basal yang terpisah oleh luka dapat kembali bersatu pada area luka sehingga epidermis yang rusak akan tebal kembali. Penyembuhan mendalam adalah fase penyembuhan yang lebih luas dan lama karena luka terjadi pada daerah yang lebih mendalam yaitu dermis dan subkutis. Karena penyembuhannya lebih kompleks, penyembuhan mendalam pun terbagi menjadi beberapa fase yaitu fase inflamatorik, migratorik, poliferatif dan maturasi. Kulit akan mencapai ketebalannya seperti semula setelah mencapai beberapa fase tersebut. Oleh karena itu, jika terjadi luka mendalam pada kulit, maka diharapkan untuk bisa sabar agar lapisan kulit dapat kembali seperti semula.

Proses penyembuhan pada kulit juga bisa dipercepat secara alami dengan protein. Protein dapat diperoleh dari makanan. Oleh karena itu, jika penderita ingin luka pada kulit segera sembuh, maka sebaiknya lakukan diet protein dengan memakan makanan yang tinggi protein seperti telur, ikan, daging, kacang dan bayam. Selain itu, biasakan minum air putih yang banyak agar tubuh tidak dehidrasi. Saat Anda menderita luka pada kulit, hendaknya makanlah yang banyak secara teratur tiga kali sehari. Jika itu dirasa terlalu banyak, maka makanlah porsi kecil enam kali sehari. Jangan lupa untuk memberikan tubuh asupan buah dan sayur agar tubuh bisa sehat kembali. Dengan begitu, penyembuhan luka kulit akan berlangsung lebih cepat.

Comments are closed.