Psoriasis

Psoriasis, Gejala dan Pengobatannya

Psoriasis dan penyebabnya

Psoriasis merupakan sebuah penyakit pada kulit dan bersifat menahun atau kambuhan. Banyak orang yang masih asing dengan istilah penyakit ini. biasanya penyakit ini ditandai dengan timbulnya benjolan yang bersisik dan berwarna agak perak. Benjolan tersebut mempunyai ukuran yang berbeda-beda pada kulit. Penyakit ini biasanya terjadi pada pria maupun wanita yang berusia diantara 15 sampai 35 tahun. Jika masih banyak yang belum mengetahui tentang penyakit ini, maka sebaiknya pahami dulu apa yang memicu terjadinya penyakit kulit tersebut.

Psoriasis

Penyebab penyakit psoriasis sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, diperkirakan penyebab utamanya adalah keturunan dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Biasanya penyakit ini paling banyak ditemukan pada daerah lutut, sikut, kulit kepala, kuku jari tangan dan lipatan pada kulit. Akan tetapi, pada beberapa kasus penyakit ini juga menyerang bahkan seluruh area pada tubuh. Pergantian kulit merupakan satu hal yang normal terjadi dan biasanya hal ini bisa terjadi sekali dalam sebulan. Akan tetapi, penyakit ini dapat membuat pergantian kulit terjadi hanya dalam beberapa hari sehingga sel-sel kulit mati akan tertimbun yang berakibat pada terbentuknya sisik tebal pada kulit. Meskipun salah satu jenis penyakit kulit, penyakit ini tidak menular. Penderita yang sembuh bisa saja sewaktu-waktu mengalami kekambuhan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti sengatan matahari, infeksi bakteri atau virus, penggunaan alkohol yang berlebihan dan kegemukan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit kulit menahun tersebut, diantaranya adalah dengan menggunakan krim atau salep yang bersifat melumasi kulit atau emolien. Gunakanlah satu sampai dua kali sehari. Contoh salep yang bagus adalah salep yang memiliki kandungan corticosteroid. Setelah diolesi dengan salep, sebaiknya kulit yang terkena penyakit dibungkus dengan selofan atau kertas kaca untuk hasil yang lebih maksimal. Selain krim tersebut, pengobatan juga bisa dilakukan dengan krim yang mengandung vitamin D. Itulah beberapa penyebab, gejala dan cara pengobatan penyakit psoriasis yang mungkin bisa bermanfaat baik untuk penderita maupun bukan penderita.

Comments are closed.