Sinusitis

Sinusitis Dapat Diatasi dengan Memperhatikan Gejalanya

Sinusitis dan Gejalanya

Sinusitis adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Nama penyakit ini sendiri diambil dari sinus, rongga udara yang terletak pada wajah yang terhubung langsung dengan hidung. Rongga sinus memiliki fungsi menjaga kelembaban hidung. Selain itu, rongga sinus juga berfungsi mengatur pertukaran udara yang terjadi pada daerah hidung. Ada empat jenis rongga sinus yang letaknya berbeda-beda. Keempat jenis rongga sinus ini adalah sinus frontal, sinus maxillary, sinus ethmoid, dan sinus sphenoid. Sinus frontal merupakan rongga sinus yang terletak pada bagian tengah masing-masing alis mata. Sinus maxillary adalah rongga sinus yang terletak pada tulang pipi. Sinus ethmoid adalah rongga sinus yang terletak pada bagian belakang tulang hidung. Sinus sphenoid adalah rongga sinus yang terletak pada bagian belakang mata dan bagian belakang sinus ethmoid.

Sinusitis

Pada dasarnya, penyakit ini merupakan sejenis peradangan atau infeksi yang terjadi pada rongga sinus. Layaknya jenis peradangan serta infeksi lainnya, sinusitis biasanya diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Penyakit ini sendiri terbagi menjadi empat jenis dengan masa infeksi yang berbeda-beda mulai dari 10 hari hingga 8 minggu. Setiap jenis penyakit ini juga menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Adapun gejala yang biasa ditimbulkan oleh penyakit ini antara lain adalah rasa sakit yang muncul di sekitar area wajah, berkurangnya kemampuan hidung untuk mencium bau, hidung berair, hidung tersumbat, demam atau batuk, napas yang berbau tidak sedap, pusing, bahkan hingga sakit gigi.

Bila gejala di atas muncul, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis. Penyakit ini dapat didiagnosa oleh dokter melalui serangkaian pemeriksaan pada rongga hidung serta bagian tubuh lainnya. Pengobatan terhadap penyakit ini secara medis biasanya mengunakan obat-obatan yang berfungsi untuk meringankan infeksi serta memperlancar kinerja organ pernapasan. Selain menggunakan obat-obatan medis, Anda juga bisa mengatasi penyakit ini dengan menggunakan pengobatan herbal yang banyak tersedia di pasaran saat ini. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan rongga hidung Anda secara teratur. Dengan memilih pengobatan yang tepat, Anda dapat mengatasi gejala yang ditimbulkan oleh penyakit sinusitis.

Comments are closed.