Stroke Pendarahan

Stroke Perdarahan Serta Gejala yang Ditunjukkan

Stroke Pendarahan dan Gejalanya

Stroke pendarahan atau yang juga dikenal dengan istilah hemoragi adalah salah satu jenis penyakit stroke yang memiliki resiko yang cukup besar. Secara umum, penyakit ini melibatkan terjadinya pendarahan pada otak yang dapat merusak jaringan otak. Penyakit ini dapat dikategorikan berdasarkan lokasi pembuluh darah yang terserang. Apabila pendarahan terjadi pada pembuluh darah di dalam otak, maka penyakit ini disebut sebagai intracerebral hemoragi. Subarachnoid hemoragi adalah jenis pendarahan yang terjadi pada pembuluh darah yang terletak di antara otak dan jaringan tipis yang melapisi otak. Pendarahan yang terjadi pada jaringan otak dapat merusak jaringan otak dan menyebabkan terjadinya pembengkakan. Pendarahan juga dapat menyebabkan meningkatnya tekanan pada otak dan tengkorak kepala. Meningkatnya tekanan pada bagian otak akan menimbulkan rasa sakit pada area kepala dan wajah.

Stroke Pendarahan

Layaknya jenis penyakit lainnya, pendarahan pada otak juga dapat dikenali lewat beberapa gejala yang ditunjukkan oleh penyakit ini. Secara umum, stroke pendarahan biasanya terjadi akibat tekanan darah tinggi yang mengakibatkan munculnya tekanan pada dinding arteri hingga pembuluh arteri menjadi pecah. Penyebab lain dari penyakit ini adalah aneurism yang menyebabkan menipisnya dinding arteri sehingga dapat menyebabkan arteri menjadi pecah. Kanker yang terjadi pada otak juga disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya pendarahan di otak. Penggunaan beberapa jenis obat-obatan dalam jangka waktu yang lama juga dapat memicu terjadinya hemoragi.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini cukup beragam. Salah satu gejala umum yang muncul akibat terjadinya pendarahan pada jaringan otak adalah berkurangnya tingkat kesadaran, termasuk kondisi koma, rasa mengantuk yang berlebihan, pingsan atau tidak sadarkan diri, serta sering melamun. Penyakit ini juga ditunjukkan oleh gejala berupa kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan orang lain. Susah menelan serta sakit kepala yang akut juga disebut sebagai gejala umum yang ditunjukkan oleh penyakit ini. Gejala lain yang ditunjukkan oleh penyakit ini antara lain adalah berkurang atau hilangnya koordinasi gerak tubuh, berkurangnya atau hilangnya keseimbangan, kesulitan menulis atau membaca, serta bagian tubuh yang menjadi lemah. Anda bisa menggunakan obat-obatan medis atau obat-obatan herbal untuk mengatasi stroke pendarahan.

Comments are closed.