Stroke Sumbatan

Stroke Sumbatan atau Lama dan Cara Penanggulangannya

Stroke Sumbatan atau Lama dan Penyebabnya

Stroke Sumbatan atau Lama yang juga dikenal dengan nama iskemik merupakan salah satu jenis penyakit stroke yang cukup umum ditemui saat ini. Layaknya jenis penyakit stroke lainnya, iskemik juga memiliki resiko yang cukup besar bagi kesehatan Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penyakit yang satu ini mulai dari penyebab serta gejala yang ditimbulkannya. Secara umum, stroke iskemik adalah jenis stroke yang terjadi ketika aliran darah ke otak tersumbat oleh timbunan lemak atau darah yang menggumpal pada pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah tidak dapat berjalan secara lancar sehingga otak mengalami kekurangan pasokan darah. Iskemik juga mengakibatkan otak menjadi kekurangan nutrisi serta oksigen yang dapat berakibat pada menurunnya fungsi otak secara keseluruhan.

Stroke Sumbatan

Secara umum, iskemik disebabkan oleh adanya penyumbatan pada aliran darah ke otak. Kondisi ini dapat disebabkan oleh dua faktor utama. Penyebab pertama dari stroke sumbatan atau lama adalah arterial thrombosis yang juga dikenal dengan istilah stroke thrombosis atau cerebral thrombosis. Kondisi ini terjadi bila gumpalan darah terbentuk pada arteri yang mengarah pada otak dan menyumbat aliran darah ke otak. Penyebab lain dari iskemik adalah cerebral embolism atau yang juga dikenal dengan istilah stroke embolis. Kondisi ini terjadi bila gumpalan darah terbentuk di bagian lain dari tubuh, biasanya pada jantung atau salah satu arteri utama yang mengarah ke jantung, lalu gumpalan tersebut terbawa hingga mencapai otak dan menyumbat aliran darah.

Ada beberapa gejala utama yang ditunjukkan oleh iskemik. Secara umum, gejala yang ditunjukkan oleh iskemik biasanya muncul secara tiba-tiba dan hanya berlangsung selama beberapa detik atau menit saja. Pada beberapa kasus, gejala yang muncul bisa berlangsung hingga beberapa jam. Meski demikian, hal ini cukup jarang terjadi. Gejala umum yang muncul akibat iskemik antara lain adalah wajah yang terasa lemah, rasa lemas pada lengan, atau kesulitan berbicara. Bila gejala-gejala ini muncul, Anda sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan dini. Gejala yang ditimbulkan iskemik juga akan dipengaruhi oleh bagian tubuh mana yang mengalami penyumbatan. Dengan memperhatikan gejala yang muncul Anda bisa mengetahui ada atau tidaknya resiko stroke sumbatan atau lama.

Comments are closed.